"the spirit of friendship will kill fear ...... "

Tuesday, April 26, 2011

Teknologi Kearifan Lokal di Maluku

Kearifan Lokal adalah suatu pengetahuan yang secara turun temurun diberitahukan dan diturunkan dari generasi ke generasi.
Teknologi kearifan lokal adalah suatu cara, pemecahan atau bantuan untuk melakukan dan atau mendukung tindakan atau pengetahuan yang kita sebut dengan kearifan lokal.

Salah satu contoh teknologi kearifan lokal di Maluku adalah Sasi.

Sejak dulu, masyarakat di daerah Maluku telah dilimpahkan dengan berbagai macam kekayaan alam baik di darat maupun di laut.
Untuk menjaga agar kekayaan alam ini tetap aman dan bisa mencukupi masyarakat kedepan, maka tua-tua adat di Maluku menciptakan suatu sistem yang diberi nama "sasi".
Sasi ini bisa disebut juga larangan sementara. Dalam hal ini, tanaman dan hewan yang disasi hanya boleh dimakan atau dipanen ketika sudah bisa dipanen atau ketika batas waktu yang telah ditentukan sudah mencukupi.
Apabila tanaman atau hewan yang disasi dipanen atau diambil, maka akan diberlakukan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.
Hal ini memungkinkan agar tidak ada orang yang dengan sengaja mengambil tanaman atau hewan yang disasi tersebut.
Hal ini masih berlaku sampai sekarang dan dapat dilihat di desa Haruku, pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah yang memberlakukan sasi ikan lompa.

2 comments: